KKN IST Annuqayah Gelar Penyuluhan Pertanian dan Peternakan di Jenangger

News  
Keterangan: KKN 01 IST Annuqayah dalam acara penyuluhan pertanian dan peternakan di Desa Jenangger
Keterangan: KKN 01 IST Annuqayah dalam acara penyuluhan pertanian dan peternakan di Desa Jenangger

Sumber: Istimewa

NYANTRI--Kuliah Kerja Nyata (KKN) 01 Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep melaksanakan kegiatan Penyuluhan Pertanian dan Peternakan di Desa Jenangger, Batang-Batang dengan Tema “Pentingnya Menjaga Tanaman dari Hama dan Cara Mengatasi Wabah PMK” di Balai Desa Jenangger, Kamis (11/8).

Kegiatan tersebut memang sudah di rancang sebelumnya, dari hasil interview kepada masyarakat dan pada kelompok tani di desa Jenangger bahwa masalah yang dialami sekarang pada pertanian yaitu wabah seperti, Tikus, Thrips dan Monyet.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Jadi perlu adanya penangan dari peserta KKN gimana caranya biar hama yang melanda di desa kami, "ujar Hendri salah satu Ketua Kelompok Tani di desa Jenangger.

Kegiatan tersebut dihadiri dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Sumenep yang diwakili oleh Bapak Jumiato, SP selaku narasumber pada penyuluhan pertanian, Bapak Bambang Jasmono, SP selaku narasumber yang fokus di bidang Pupuk Kimia, Bapak Yulistiono, SP. selaku Tim Penyuluh yang bertugas di Kecamatan Batang-Batang dan Bapak. Drh. Trino Juniarta selaku nara sumber pada penyuluhan Peternakan, dan juga merupakan Dokter Hewan yang ditugaskan di wilayah Kecamatan Batang-Batang.

Peserta sangat antuasias mengikuti acara tersebut dengan pertanyaan yang begitu banyak dari peserta dan aparatur desa.

"Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Kelompok tani di desa Jenanger yang kami undang sebanyak Sembilan kelompok tani dan setiapa kelompok lima dideligasikan dan juga dari Lembaga Pertanian Nadhlatul Ulama’ LPNU Batang-Batang mengikuti penyuluhan tersebut, " kata Khairul Umam, Ketua Kelompok KKN IST Annuqayah.

Kegiatan ini juga kami format dengan pemberian bibit pohon jati sebanyak 130 dan bibit pohon buah kalengkeng 50 buah kepada kelompok tani.

“Saya sangat bangga dan senang sekali Peserta KKN 01 IST Annuqayah dapat membantu keluhan masyarakat dengan mengadakan penyuluhan ini dan juga keelompok tani dapat hibah bibit pohon Jati dan bibit pohon Kalengkeng, saya mewakili seluruh aparat desa Jenangger sangat senang dan saya ucapkan terimakasih kepada Peserta KKN 01 IST Annuqayah semoga bermanfaat kepada masyarakat kami.” Sulaiman, S.E selaku Kepala Desa Jenanngger.

Abdul Warist

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jurnalis dan pernah nyantri

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image