Nurul Fikri Boarding School Serang Kembangkan Agrowisata

News  
Siswi Nurul Fikri Boarding School Serang
Siswi Nurul Fikri Boarding School Serang

Sumber: Istimewa

SERANG -- Nurul Fikri Boarding School (NFBS) Serang merupakan sekolah berasrama terbaik yang mengintegrasikan pendidikan ilmu agama Islam dan ilmu umum. Saat ini, NFBS Serang sedang mengembangkan agrowisata untuk menjadi daya tarik bagi wisatawan, khususnya santri dan wali santri.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan Lembaga (P2L) NFBS Serang, Kholisul Ibad mengatakan, keunggulan lokal yang sedang dikembangkan di lingkungan komplek Nurul Fikri Boarding School Serang adalah agrowisata.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Hal ini diambil karena lingkungan sekolah yang sangat mendukung serta diharapkan menjadi daerah wisata bagi siapapun yang berkunjung khususnya bagi santri dan orang tua santri," ujar Kholisul dalam keterangan tertulis yang diterima nyantri.republika.co.id, Senin (3/10/).

NFBS Serang berlokasi di kampung Cihideung, Jalan Palka RT 014/04 Bantarwaru, Cinangka, kabupaten Serang, Banten. Pengembangan agrowisata di komplek Nurul Fikri meliputi wisata taman sekolah yang indah, wisata kebun buah-buahan, wisata area outbond (outbond training), wisata air (kolam renang, bendungan, sepeda air, pemancingan, dan kerajinan Tangan (Handycraft).

Lebih lanjut, Kholisul menjelaskan bahwa NFBS Serang memiliki motto "Cerdas, Soleh dan Muslih". Karena itu, sampai saat ini sudah banyak menghasilkan kualitas anak didik yang memiliki integritas dan kemampuan mumpuni sebagai bekal kehidupan mereka menjadi calon-calon pemimpin bangsa di masa depan.

Menurut dia, jumlah seluruh santri tingkat SMP dan SMA pada 2017 mencapai 950 santri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia maupun dari luar negeri. "Dengan karakteristik santri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri menjadikan Nurul Fikri Boarding School Serang sebagai tempat bertemunya berbagai budaya dan menghasilkan santri yang berwawasan luas," ucap Kholisul.

Kali ini NFBS Serang kembali membuka Pendaftaran Santri Baru (PSB) tingkat SMP dan SMA Tahun Ajaran 2022/2023. NFBS Serang secara rutin juga memberikan beasiswa kepada anak-anak berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu di wilayah sekitar NFBS Serang. Beasiswa ini berbentuk beasiswa pendidikan penuh.

Sementara, tenaga pengajar Nurul Fikri Boarding School Serang merupakan lulusan dari Universitas-universitas terbaik nasional yang diseleksi secara ketat untuk menjamin mutu pendidikan. Kompetensi Guru NFBS Serang harus sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya.

Jumlah Guru di tingkat SMP sebanyak 34 orang, sedangkan untuk SMA Islam NFBS sebanyak 46 orang dengan pendidikan lulusan S1 sebanyak 88 persen dan lulusan S2 sebanyak 10 persen. Rasio perbandingan Guru dan Santri di tingkat SMP adalah 1:10, sedangkan di tingkat SMA adalah 1:9.

"Manajemen pengawasan asrama di Nurul Fikri Boarding School Serang di bawah tanggung-jawab wali asrama yang berpengalaman dan dibekali pelatihan secara rutin mengenai keasramaan," kata Kholisul.

Dia menambahkan, SMP Islam NFBS Serang mendapatkan akreditasi A pada 2011. Sedangkan SMA Islam NFBS Serang telah mendapatkan akreditasi A sejak 2006. Pada 2016 lalu juga tercatat hampir 70 persen lulusan SMA Islam NFBS Serang diterima di Universitas Negeri favorit.

"Lulusan SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Serang tersebar di berbagai Universitas favorit, baik itu dalam negeri seperti UI, ITB, UGM, IPB, Undip, Unair, Unpad, dan lain-lain serta universitas di berbagai negara, seperti Malaysia, Singapura, Jerman, Jepang," jelas Kholisul.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image