Menpora Ingin Peringatan Sumpah Pemuda 2022 tak Hanya Seremonial

Umum  
Menpora Zainudin Amali dalam Acara Launching Bulan Pemuda 2022 di Wisma Kemenpora, Jakarta, Senin (10/10).
Menpora Zainudin Amali dalam Acara Launching Bulan Pemuda 2022 di Wisma Kemenpora, Jakarta, Senin (10/10).

Sumber:infopublik

NYANTRI.REPUBLIKA.CO.ID--Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melaunching bulan pemuda dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda 2022 atau yang ke-94, di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (10/10). Zainudin ingin peringatan sumpah pemuda tak hanya seremonial saja tetapi meresapi makna sumpah pemuda itu sendiri.

Zainudin menjelaskan sumpah pemuda lahir dari tekad bersama yang datang dari berbagai latar belakang berbeda baik dari sisi agama, bahasa, suku dan bangsa. Mereka mempunyai tekad bersama untuk bersatu sehingga turut menjadi cikal bakal lahirnya bangsa Indonesia. Zainudin meminta para pemuda tak melupakan sejarah tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Jika dilupakan itu tanda-tanda keutuhan dan persatuan bisa terancam," kata Zainudin dalam sambutannya.

Menurut Zainudin sejak berdirinya bangsa Indonesia ancaman datang baik dari dalam maupun luar negeri. Namun adanya Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 keutuhan tetap terjaga. Menjaga keutuhan dianggap juga menjadi tanggungjawab para pemuda.

Ketua pelaksana hari sumpah pemuda 2022 Asrorun Ni'am menjelaskan ada 19 kegiatan road to hari sumpah pemuda tahun ini. Ia mengungkapkan di antaranya pekan kreativitas pemuda dan pelatihan kepemimpinan nasional. Puncak acara sumpah pemuda 2022 akan digelar di Ibu Kota Negara (IKN).

Ni'am mengatakan Kemenpora sengaja menggaungkan hari sumpah pemuda satu bulan sebelum hari sumpah pemuda agar lebih meriah. Harapannya semangat sumpah pemuda biasa dirasakan oleh elemen bangsa khususnya para pemuda di Indonesia.

"Di momen ini waktu yang tepat instropeksi diri," katanya.

Acara launching ini dihadiri oleh sejumlah organisasi kepemudaan seperti IPNU-IPPNU, PMII dan HMI. Beberapa tokoh juga hadir dalam acara ini. Rahmat Fajar

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image