News

Pentingnya Pengetahuan Kesehatan Mental

Peluncuran Program Youth Mental Health Center di Kemenpora
Peluncuran Program Youth Mental Health Center di Kemenpora

JAKARTA--Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meluncurkan program Youth Mental Health Center, di Media Center Kemenpora, Rabu (2/8/2023). Program ini fokus bagaimana memberikan pelatihan atau bimbingan kepada anak muda dan atlet terkait kesehatan mental.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Arietdjo menekankan tentang pentingnya kesadaran dan pemahaman kesehatan mental. Menurut Dito jiwa dan hati yang sehat dapat memengaruhi pemikiran seseorang. Dengan demikian mereka akan lebih produktif.

"Manusia kan ada fisik, hati dan akal. Kalau fisim kita sakit kita ke mana? Dokter. Kalau jiwa atau hati yang sakit ke mana? Ke psikolog atau psikiater, healing," ujar Dito.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Oleh karena itu Mental Healt Center ini, kata Dito akan disinkronkan dengan keolahragaan. Menurut Dito psikolog olahraga ini nantinya akan ikut menangani kesehatan mental atlet. Misalnya mereka akan mendampingi atlet yang akan mengikuti kejuaraan tingkat internasional.

"Jadi mental healt center ini akan didukung dari sesi medisnya yaitu psikolog dan juga beberapa gerakan sosial," katanya.

Ia menegaskan pada intinya program ini gerakan kolaboratif yang bagus untuk kesehatan mental seseorang, termasuk atlet. Dito mengungkapkan setelah peluncuran ini akan dikebut program apa saja yang akan dilakukan sehingga cepat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Plt Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Yohan mengatakan program ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan perhatian terhadap kesehatan mental generasi muda. Program ini sebagai komitmen untuk menyebarkan pemahaman pentingnya kesehatan mental.

You

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Patner Resmi Republika.co.id